Membuat Kaligrafi Al-Quran Surat Al-Kafirun Ayat 1 s/d 6

SDN 5 Nagrikaler - Kaligrafi adalah merupakan sebuah hasil karya dari seseorang dalam bentuk tulisan maupun lukisan dalam bahasa Arab. Membuat kaligrafi Arab bagi yang awalan mungkin bisa dianggap sulit dan cukup rumit, namun sebaliknya bagi yang sudah terbiasa dapat dijadikan sebagai modal belajar untuk menggapai sebuah cita-cita.

Dok : 17 April 2020

Belajar adalah merupakan kewajiban bagi semua orang. Belajar dirumah dalam masa Covid-19 sekarang ini, semua siswa dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis online yang dapat diakses melalui situs yang telah disediakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) seperti pemanfaatan suber bejalar dari rumah belajar kemdikbud, tv edukasi dan aplikasi yang mendukung pembelajaran online. Selain itu, stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI) juga setiap hari menyajikan pembelajan untuk siswa TK/PAUD, SD, SMP sampai dengan SMA/SMK pada jam yang sudah ditentukan.

Membuat Kaligrafi Arab bagi salah satu siswa SDN 5 Nagrikaler yang bernama Fawwaz Abqori Abkar Al Multazam sudah hal yang tidak aneh lagi, karena hampir setiap hari, minggu atau bulan, siswa tersebut membuat karya kaligrafi dalam bahasa Arab itu sudah menjadi sebuah kebiasaan. Menghasilkan karya membuat tulisan Ayat Suci Al-Quran Sura Al-Kafirun contohnya saja yang dibuat dalam buku gambar oleh siswa tersebut. Dalam Kitab suci Al Quran Surat Al-Kafirun ayat 1 s.d 6, yaitu sebagai berikut :

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.


قُلْ يٰٓاَيُّهَا الْكٰفِرُوْنَۙ ﴿ ١ ﴾

Artinya : Katakanlah (Muhammad), “Wahai orang-orang kafir!

لَآ اَعْبُدُ مَا تَعْبُدُوْنَۙ ﴿ ٢ ﴾

Artinya : aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah,

وَلَآ اَنْتُمْ عٰبِدُوْنَ مَآ اَعْبُدُۚ ﴿ ٣ ﴾

Artinya : dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah,
وَلَآ اَنَا۠ عَابِدٌ مَّا عَبَدْتُّمْۙ ﴿ ٤ ﴾

Artinya : dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,

وَلَآ اَنْتُمْ عٰبِدُوْنَ مَآ اَعْبُدُۗ ﴿ ٥ ﴾

Artinya : dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah.

لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ  ﴿ ٦ ﴾
Artinya : Untukmu agamamu, dan untukku agamaku.”



Berikut ini adalah sebuah contoh karya anak, membuat Ayat Suci Al-Quran Surat Al Kafirun ayat 1 s.d 6.

Kaligrafi Al-Quran  : Surat Al-Kafirun, ayat 1 s.d 6

Melihat hasil dari karya anak yang memiliki potensi luar biasa tersebut, mudah-mudahkan dapat dijadikan penyemangat bagi siswa lainnya untuk terus menghasilkan karya-karya terbaiknya. Semoga semua siswa yang mempuai bakat tersebunyi, kelah di hari esok nanti dapat menjadikan kebanggaan bangsa dan Negara Indonesia. 


Post a Comment

0 Comments